Best Indonesian Conductor
A Vibrant Harmony
Avip Priatna, conductor
Jakarta Concert Orchestra
Batavia Madrigal Singers
Glenn Bagus, piano
Cecilia Ratna, piano
Donny Koeswinarto, Flute
Sisca, Sopran

Hari/Tanggal/Jam :
Minggu/ 29 Mei 2011 / 16:00 WIB

Tempat:
GoetheHaus Goethe Institut
Jl. Sam Ratulangi No 9-15
Jakarta

  • SYNOPSIS

    A Vibrant Harmony adalah konser yang menampilkan karya-karya komponis abad 20 yang beraliran lintas genre. Konser ini menampilkan perpaduan antara musik klasik dengan bentuknya yang baku dan harmoni yang lebih modern, sehingga menghasilkan musik dengan harmonisasi yang lebih segar dan bersemangat.Dalam konser ini akan ditampilkan dalam format yang beragam dari duet vokal piano, flute dan jazz trio, string orchestra hingga string orchestra dengan paduan suara. Pianis Glenn Bagus bersama jazz trio-nya akan berkolaborasi dengan flutist Dony Koeswinarno membawakan karya Bolling yang klasik dengan nuansa jazzy sedangkan Mezzo soprano Sisca akan membawakan karya Steve Dobrogosz yang diinspirasikan oleh kaya Rachmaninof “Vocalise” dengan gaya yang lebih segar dan modern.Jakarta Concert Orchestra String Ensemble akan membawakan Palladio karya Jenkins yang bergaya minimalis dan terakhir JCO akan mengiringi Batavia Madrigal Singers membawakan Mass karya Steve Dobrogosz, yang merupakan salah satu karya penting literatur musik paduan suara di abad 20.


    Claude Bolling (lahir 1930)

    adalah seorang pianis jazz , komponis, arranger, actor yang berasal dari negara Perancis.Bolling adalah seorang pianis yang handal yang sejak usia 14 tahun sudah menjadi pianis jazz profesional. Beliau adalah salah satu tokoh yang menjadi bagian yang sangat penting dalam kebangkitan jazz tradisional di akhir tahun 1960, bersama Oscar Peterson yang juga adalah kawan karibnya. Bolling banyak menulis komposisi untuk musik film, selain itu beliau juga banyak mencatat kolaborasi dengan musisi klasik dengan menciptakan musik bergaya crossover. Suita untuk flute dan jazz piano trio bersama Jean Pierre Rampal merupakan karya campuran dari gaya barok yang anggun dengan irama swing yang modern menjadikan karya ini sangat laris dan populer di Amerika Serikat.

    Karl Jenkins (lahir 1944)

    adalah seorang musisi sekaligus komposer asal Welsh, Inggris. Jenkins pada masa awal karirnya dikenal sebagai musisi jazz yang memainkan instrumen saxophone, keyboard, oboe. Sebagai komponis, Jenkins melakukan terobosan dengan menciptakan komposisi bergaya crossover yang berjudul Adiemus. Album ini menempati urutan teratas dalam chart album lagu klasik pada tahun 1995. Palladio adalah salah satu karya beliau yang sangat terkenal. Komposisi ini merupakan konserto grosso ala barok dengan harmonisasi dan gaya minimalis yang modern. Bagian pertama dari Palladio menjadi terkenal karena dipakai sebagai lagu iklan produk permata terkenal.

    Steve Dobrogosz (lahir 1956)

    adalah pianis dan komposer yang berasal dari Amerika Serikat. Dia pernah belajar di Berklee College of Music di Boston sebelum dia pindah dan menetap di Stockholm Swedia. Gaya musik Dobrogosz merupakan gaya campuran dari beberapa genre musik yaitu jazz, pop, dan klasik. Karya beliau akhir-akhir ini banyak difokuskan pada musik klasik dan komposisi paduan suara termasuk Mass (1992) yang telah ditampilkan oleh orkestra dan paduan suara di seluruh dunia. Kolaborasi Dobrogosz bersama penyanyi Anna Christofferson pada tahun 2008 yang berjudul Rivertime, dinominasikan untuk memperoleh Swedish Grammy Award dalam kategori album jazz.

Visit Project Website