Grand Opening BRK

Grand Opening Concert Balai Resital Kertanegara

Berita gembira bagi pecinta musik klasik. Bakti Budaya Djarum Foundation bersama The Resonanz Music Studio di bawah arahan Avip Priatna, konduktor kebanggaan Indonesia, menyelenggarakan Grand Opening Concert Balai Resital Kertanegara. Grand Opening ini menjadi puncak dari rangkaian konser berjudul The Resonanz May Music Festival, sebuah festival musik klasik pertama dari The Resonanz Music Studio yang diisi oleh para musisi Indonesia dan berlangsung sepanjang Mei 2014.

Konser ini menyuguhkan rangkaian musik indah yang dibawakan oleh para musisi berkualitas, antara lain: Jakarta Concert Orchestra, Batavia Madrigal Singers, The Resonanz Children Choir, Aning Katamsi (sopran), Heny Janawati (mezzo sopran), Pharel Silaban (Tenor), dan Nino Ario Wijaya (klarinet).

Konser ini juga bertujuan untuk memperkenalkan Balai Resital Kertanegara, sebuah sebuah gedung pertunjukan musik yang berlokasi di Jalan Kertanegara No. 28, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Gedung ini memiliki konfigurasi suara yang baik, memenuhi standar suatu pertunjukan musik dan menjadi sesuatu hal yang baru bagi para pecinta musik klasik.

aset
“Kami ucapkan selamat atas peresmian Balai Resital Kertanegara ini, dan semoga tempat ini tidak hanya menjadi aset Kota Jakarta, tapi juga menjadi pusat musik klasik di Indonesia. Semoga tempat ini bisa menjadi wahana musisi muda untuk berkarya, berlatih, dan mampu tampil seperti senior-seniornya di masa yang akan datang,” ujar DR Sapta Nirwandar, SE, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang turut hadir pada acara konser ini.

Balai Resital Kertanegara ini dibangun dengan luas 264 m2 , dengan spesifikasi akustik ruang menggunakan panel diffuser di beberapa bagian sehingga mampu menghadirkan kejernihan suara yang maksimal. Balai Resital Kertanegara dilengkapi dengan kapasitas 300 kursi, piano Grand Concert (9 feet – 276 cm), multimedia, lighting, ruang tunggu artis yang dilengkapi dengan piano Baby Grand, ruang latihan artis yang dilengkapi pula dengan piano Baby Grand, ruang ganti artis, 2 lobby tamu dan kantin.

ideal
Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Balai Resital Kertanegara ini terletak di kualitas akustiknya yang ideal untuk pertunjukan musik klasik. Ditangani langsung oleh Avip Priatna yang merupakan lulusan arsitektur, telah merancang sedemikian rupa sehingga kualitas akustik yang ditampilkan dapat maksimal sehingga penonton dapat menikmati kejernihan suara penyanyi dengan baik.

“Sudah 23 tahun saya berkecimpung dalam musik klasik Indonesia dan bermimpi bisa membangun sebuah tempat dengan akustik yang ideal untuk musik klasik dan fasilitas yang memadai. Kemudian muncul suatu keinginan untuk memiliki gedung sendiri dan pada hari ini dengan dukungan banyak pihak saya mempersembahkan Balai Resital Kertanegara, sebuah ruang pertunjukan yang didesain khusus untuk menampilkan kualitas suara terbaik. Semoga kehadirannya mampu mendorong kemajuan musik dan seni pertunjukan secara umum, serta perkembangan musik klasik khususnya,” ujar Avip Priatna.

bangkit
Aning Katamsi, penyanyi sopran Indonesia mengungkapkan sangat bersyukur hadirnya Balai Resital Kertanegara ini. “Kehadirannya menunjukkan bahwa industri musik dan seni pertunjukan, khususnya musik klasik Indonesia telah bangkit sehingga diharapkan akan banyak melahirkan seniman muda yang lebih berkualitas dan mampu mengharumkan nama Indonesia,” ujarnya.

Balai Resital Kertanegara dan ruang kelas ini akan dikelola langsung oleh The Resonanz dan boleh disewa oleh masyarakat umum yang ingin mengadakan beragam acara seperti launching atau konser.