26A BLESS

JAKARTA, suaramerdeka.com – Rangkaian acara 50 Years of Blessing yang telah berlangsung sejak Desember 2014, mencapai puncaknya dalam Gala Konser yang diselenggarakan pada tanggal 24 Januari, akhir pekan lalu di Balai Resital Kertanegara, Jl Kertanegara No. 28, Jakarta. Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan The Resonanz Music Studio, sebuah lembaga pendidikan musik dan hiburan berkualitas, ini terdiri atas Kompetisi Komposisi Musik, Kompetisi Dirigen Paduan Suara, Pesta Paduan Suara, dan Gala Konser yang juga menampilkan karya pemenang Kompetisi Komposisi dan Kompetisi Konduktor Paduan Suara.

Terselenggaranya kegiatan ini, sebagaimana dikatakan Avip Priatna, peraih penghargaan Konduktor Terbaik di Torrebieja, Spanyol 2011 dan di Varna, Bulgaria 2012, merupakan bentuk syukur atas apa yang telah dia capai dalam usia 50 tahun. “Saya ingin terus berbagi, memperkenalkan dan mengajak generasi muda berbakat untuk mengembangkan minat dan kemampuannya agar dapat berprestasi, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di ajang internasional,” ujarnya.

Acara ini tidak hanya menjadi cerminan perjalanan Avip Priatna yang sudah terbukti berprestasi. Kegiatan yang dilakukan untuk berbagi dalam rangka ulang tahun ini adalah juga untuk memperkenalkan dan mengajak para komposer dan konduktor muda Indonesia untuk ikut serta menunjukkan minat dan talentanya, dan kemudian mencetak prestasi.

Para komposer muda diberi kesempatan untuk menggali kebolehan mereka menulis komposisi baru, yang hasilnya akan memperkaya khazanah musik klasik Indonesia. Dalam Kompetisi Komposisi yang telah dilakukan Desember 2014 lalu, kategori dibagi ke dalam 4 bagian yaitu lagu bertemakan syukur, sketch singing (lagu tanpa lirik), aransemen lagu tradisional Indonesia (kecuali Jawa & Bali), dan orchestra piece berdasarkan puisi “Sia-Sia” karya Toeti Heraty Rooseno.

Selain itu, para konduktor muda diberi kesempatan untuk menunjukkan kemampuan mereka menganalisa karya musik dan kebolehan mereka menyampaikan pesan musik itu kepada penonton. Kompetisi Dirigen Paduan Suara diselenggarakan pada tanggal 10 dan 11 Januari 2015, masing-masing untuk babak semi final dan final. Dari 8 peserta yang terpilih sebagai semifinalis, 3 pemenang berhasil memenangi Kompetisi Konduktor. (Benny Benke/CN38)

http://berita.suaramerdeka.com/entertainment/konser-50-years-of-blessing-cerminan-kesuksesan-avip/