Batavia Madrigal Singers Juara Umum di Bulgaria

TEMPO.COJakarta – Paduan suara Batavia Madrigal Singers (BMS) pimpinan Avip Priatna berhasil menjadi juara umum Internatonal May Choir Competition Prof. Georgi Dimitrov di Varna, Bulgaria. “Alhamdulillah, @BataviaMadrigal juara di Varna dan akan menjadi wakil juara Varna di Arezzo 2013,” tulis salah seorang anggota tim BMS, Arvin Zainullah, melalui akun Twitter @arvinzen, Ahad, 13 Mei 2012 dini hari. Kicauan tersebut diposkan kembali melalui akun resmi BMS, @BataviaMadrigal.

Sebelum menjuarai babak utama kompetisi ini, BMS telah menjadi pemenang lomba kategori paduan suara campuran. Memasuki babak utama kompetisi, BMS bersaing dengan tiga pemenang lain dari kategori paduan suara sejenis dan paduan suara campuran remaja. Dengan kemenangan ini Batavia berhak atas hadiah €1.000 (Rp 11,85 juta) beserta gelar juara di Varna, Bulgaria.

Pada kompetisi babak utama yang digelar pukul 09.00 pagi waktu setempat, BMS membawakan tiga buah lagu komposisi modern. Masing-masing Ave Maris Stella karya Trond Kverno (Norwegia), Gloria Patri karya Budi Susanto Yohanes (Indonesia), dan Mate Saule karya Peteris Vasks (Latvia).

Kesuksesan BMS membuatnya jadi wakil pertama Indonesia dalam kompetisi bergengsi European Grand Prix (EGP) for Choral Singing tahun 2013 di Arezzo, Italia. EGP merupakan ajang perlombaan di antara enam pemenang kompetisi paduan suara di enam negara Eropa. Ajang ini dinyatakan sebagai ajang supremasi tertinggi dunia paduan suara. Dalam sejarahnya, Filipina menjadi satu-satunya negara Asia yang pernah memenangi EGP sebanyak dua kali.

Ucapan selamat terus mengalir atas kemenangan BMS. “Selamat kepada @BataviaMadrigal yang telah menjadi juara GrandPrix di Varna. Selamat untuk Avip (Priatna) dan para penyanyi. Turut bangga!,” ucap soprano Aning Katamsi melalui akun @aningkatamsi.

Selain menjadi juara umum di kategori paduan suara campuran, BMS juga memboyong titel juara kedua di kategori paduan suara kecil. Usai berlaga di Varna, Bulgaria, BMS akan bertolak ke Amerika Serikat untuk bernyanyi di Washington DC dan New York.

SUBKHAN

http://www.tempo.co/read/news/2012/05/13/112403582/Batavia-Madrigal-Singers-Juara-Umum-di-Bulgaria-